Pengembangan aplikasi mesila pada materi Simbol pancasila untuk meningkatkan Pemahaman siswa sekolah dasar

Authors

  • adhinda swandari state university of surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat turut membawa dampak
signifikan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Teknologi tidak hanya
mempermudah proses belajar mengajar, tetapi juga menawarkan
tantangan baru bagi pendidik dan peserta didik. Guru kini dapat
menyampaikan materi secara lebih menarik melalui media digital,
sementara siswa memperoleh akses luas ke sumber belajar dan
pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan mengembangkan
media pembelajaran berbasis aplikasi android yang layak dan efektif
sebagai solusi pembelajaran. Penelitian menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation) dan dilaksanakan di SDN Petemon
X/358 Surabaya dengan subjek siswa kelas II. Materi yang
dikembangkan adalah simbol Pancasila. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) proses pengembangan aplikasi “Mesila” berjalan
sistematis sesuai tahapan ADDIE; (2) aplikasi “Mesila” dinyatakan
valid dengan persentase validasi materi dan media sebesar 83%; (3)
aplikasi dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan 89,1%; dan
(4) aplikasi efektif meningkatkan hasil belajar dengan skor N-gain
kelas kontrol sebesar 25,50% dan kelas eksperimen sebesar 45,61%.
Aplikasi MESILA dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk
diterapkan dalam pembelajaran PPKn di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0