Pengembangan laban adventure book Berbasis kearifan lokal desa pancasila Sebagai penanaman nilai toleransi siswa Kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Jimmy Arya Teja Pramana Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Metalin Ika Puspita Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran yang memiliki peran
penting dalam pembentukan karakter anak bangsa yang berdasarkan
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan dasar negara Indonesia. Observasi
dilaksanakan di UPT SD Negeri 226 Gresik, peneliti melakukan
pengamatan terkait sikap dan tingkah laku siswa dan ditemukan
permasalahan penurunan sikap toleransi terkhususnya toleransi
beragama. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar Laban
Adventure Book yang mengintegrasikan pembelajaran pendidikan
Pancasila dengan kearifan lokal Desa Laban sebagai desa Pancasila
untuk meningkatkan nilai toleransi peserta didik kelas IV sekolah
dasar. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model ADDIE
dengan subjek 32 peserta didik kelas IV-B. Instrumen penelitian
meliputi lembar validasi, angket respon dan angket pre-test dan post-
test. Hasil menunjukkan bahan ajar Laban Adventure Book sangat
valid (92% bahan ajar dan materi, 91,4% bahasa), sangat praktis (94%
guru, 89,25% peserta didik), dan efektif meningkatkan nilai toleransi
dengan N-Gain 0,6196 (kategori sedang). Dapat disimpulkan bahan
ajar ini layak dimanfaatkan karena mampu meningkatkan nilai
toleransi peserta didik. Penelitian selanjutnya, direkomendasikan untuk mengembangkan bahan ajar serupa pada materi atau mata pelajaran lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 46 , PDF Downloads: 59