Pengembangan kartu ‘si manggi’ berbasis Culturally responsive teaching untuk Meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas 4 Sekolah dasar

Authors

  • Martha Ayu Puspita Ningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas
IV SD Negeri Balas Klumprik 1/434 Kota Surabaya yang berjumlah
sebanyak 26 peserta didik. Media ini dikembangkan untuk memastikan
kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media kartu bergambar ’Si Manggi’
melalui pedekatan culturally responsive teaching dalam pembelajaran IPS
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ADDIE (Analysis, Design,
Develop, Implement, Evaluate). Bedasarkan hasil penelitian, media kartu
bergambar ‘Si Manggi’ dapat di golongkan dalam media yang dapat
meningkatkan hasil belajar. Kelayakan media ini divalidasi oleh ahli media
(82,8) dan ahli materi (93), yang menunjukan kategori “Sangat Valid”.
Keefektifan media diukur melalui hasil tes yang menunjukkan peningkatan
signifikan, dengan nilai mean pre-test (66,95) dan post-test (37,31) selain itu
Nilai N-Gain sebesar 0,6773 mengindikasikan peningkatan pemahaman
siswa dalam kategori "Tinggi". Dari aspek kepraktisan, media diukur melalui
respon siswa dengan persentase 87,5% ("Sangat Praktis"), menunjukkan
ketertarikan peserta didik yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 25