Pengembangan chelada (media Checkerboard) materi luas bangun datar Pada siswa kelas v sekolah dasar

Authors

  • Suksesi cita Rudianti Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang sebuah media
pembelajaran interaktif berbentuk checkerboard bernama
CHELADA (Checkerboard Luas Bangun Datar) yang dirancang
untuk membantu peserta didik mengenali dan memahami cara
menghitung luas bentuk datar secara bertahap pada siswa kelas V
Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini berfokus pada
kecenderungan peserta didik dalam menghafal rumus tanpa
pemahaman mendalam. Metode penelitian yang digunakan yakni
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate).
CHELADA dirancang sebagai papan grid magnetik dengan ukuran
persegi satuan 1 cm², dilengkapi bentuk-bentuk bangun datar dari
bahan transparan untuk memfasilitasi eksplorasi konsep luas secara
konkret. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini termasuk
dalam kategori sangat valid, praktis, dan efektif. Implementasi media
menunjukkan peningkatan pemahaman siswa yang signifikan
berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Dengan pendekatan konkret
dan interaktif, CHELADA membantu siswa membangun pemahaman
konseptual secara bertahap, sesuai dengan teori konstruktivisme dan
pembelajaran aktif. Media ini diharapkan dapat menjadi alternatif
inovatif dalam pembelajaran geometri di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 26