Pengembangan lkpd berbasis socio scientific Issues (ssi) untuk meningkatkan literasi Sains siswa kelas iv sekolah dasar pada Materi wujud zat dan perubahannya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis Socio Scientific Issues
(SSI) pada materi wujud dan perubahan wujud benda di kelas IV SDIT
EL-HAQ. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and
Development) dengan model pengembangan ADDIE. Uji validasi
yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar
93,33%, dan ahli media sebesar 91,11%, keduanya termasuk dalam
kategori “Sangat Valid” dari segi kualitas dan isi. LKPD dinyatakan
“Sangat Praktis” dengan persentase respons siswa sebesar 90,37% dan
respons guru sebesar 97,33%, menunjukkan tanggapan yang positif.
Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 64,04, sedangkan nilai
posttest sebesar 87,04. Skor N-Gain sebesar 0,63 > 0,30 dikategorikan
sebagai peningkatan “Sedang”. Dengan demikian, LKPD berbasis SSI
dinyatakan layak dan sesuai digunakan dalam pembelajaran IPAS
untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 72
,
PDF Downloads: 113

