Pengembangan media pop-up book berbasis Digital untuk meningkatkan keterampilan Berpikir kritis pada materi bumi dan alam Semesta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir
kritis siswa dan kesulitan dalam memahami konsep yang bersifat
abstrak. Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan model
ADDIE.Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran
Pop-Up Book berbasis digital pada materi struktur lapisan bumi untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah
dasar.. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, angket
respons, dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil validasi
menunjukkan media sangat valid, dengan skor 97,3% dari ahli materi
dan 89,3% dari ahli media. Tingkat kepraktisan dinilai tinggi, dengan
skor 83% dari guru dan 84% dari siswa. Efektivitas media terlihat dari
skor N-Gain sebesar 0,58 (kategori sedang) serta peningkatan
ketuntasan belajar dari 9,09% menjadi 81,8%. Dengan demikian,
media Pop-Up Book digital dinyatakan valid, praktis, dan efektif
dalam mendukung pembelajaran serta meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa
Downloads
Abstract views: 29
,
PDF Downloads: 56

