Penggunaan quizziz sebagai media inovasi interaktif dalam pembelajaran transformasi energi di sdn baureno iii kelas iv

Authors

  • Eko Purwanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya pada
materi Transformasi Energi, melalui pemanfaatan media pembelajaran
berbasis digital Quizizz. Latar belakang penelitian ini adalah
rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut yang ditunjukkan
oleh pencapaian nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
serta kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Penelitian dilaksanakan di SDN Baureno III dengan subjek penelitian
sebanyak 19 siswa kelas IV. Metode penelitian terdiri dari dua siklus,
masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi
aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa dari pra
tindakan ke siklus 1 dan siklus II. Presentase ketuntasan belajar dari 45 % pada pra tindakan menjadi 72% pada siklus I, dan mencapai 94% pada siklus II. Penggunaan media Quizizz terbukti dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa melalui game pada fitur Quizizz,
partisipasi aktif, dan pemahaman siswa terhadap materi yang
diajarkan. Dengan demikian, media Quizizz efektif utntuk digunakan
sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah
dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 32