Peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui media 3d flash card di kelas 1 sekolah dasar
Abstract
Pembelajaran membaca permulaan merupakan tahap penting dalam
proses pendidikan dasar. Penggunaan media yang menarik dan inovatif
dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media 3D Flash Card terhadap kemampuan membaca permulaan siswa
kelas 1 di SDN Bakulan III Kecamatan Temayang Tahun Pelajaran
2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan media 3D Flash Card mampu
meningkatkan kemampuan membaca siswa secara signifikan, dari
rata-rata persentase siswa yang mencapai atau memenuhi kriteria
ketuntasan minimal mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus
III. Pada siklus I, persentase siswa yang tuntas adalah sebesar 21,42%,
kemudian meningkat menjadi 35,71% pada siklus II, dan mencapai
78,57% pada siklus III. Temuan ini menunjukkan bahwa media 3D
Flash Card efektif digunakan dalam pembelajaran membaca
permulaan di sekolah dasar
Downloads

