transformasi pembelajaran ipas melalui wordwall: studi kasus pada siswa kelas v sdn pucangarum i

Authors

  • Moh. Sholeh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penerapan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di
kelas sangat diperlukan untuk mempermudah pemahaman siswa serta
meningkatkan minat sisa dalam proses belajar mengajar dikelas.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meeningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SD Negeri Pucangarum I Kecamatan Baureno
Kabupaten Bojonegoro pada mata pelajaran IPAS topic Harmoni
dalam Ekosistem. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan dalam dua
siklus yaitu siuklus I dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara, observasi dan juga tes kemampuan siswa. Dari
hasil observasi ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri Pucangarum I Kecamatan Baureno dari sikus I yang rata- rata
kelas berada di 67% dibawah KKM ( Kriteria Ketuntatsa Minimal ).
Pada siklus II meningkat menjadi 87% diatas KKM. Hal ini
menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Word Wall
pada mata pelajaran IPAS topic Harmonisasi dalam Ekosisitem
berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pucang
Arum I Kecamatan Baureno

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 19