Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelejaran ipas

Authors

  • Siti Mutma’inah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS materi Bagian–Bagian Tumbuhan dan Fungsinya di kelas IV SD Negeri Pejok I dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri Terbimbing. PTK ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata siswa yang belum mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan model Pembelajaran Inquiri Terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Bagian–Bagian Tumbuhan dan Fungsinya. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II. Pada pertemuan I hasil tes siswa memperoleh persentase ketuntasan KKM adalah 72%, sedangkan pada pertemuan II memperoleh persentase 100%. Hal ini dikarenakan pada model pembelajaran Inquiri Terbimbing membantu siswa memecahkan masalah yang berawal dari pertanyaan guru yang diberikan kepada siswa agar siswa aktif dalam proses pembelajaran dengan berusaha untuk mencari pemecahan masalah secara mandiri

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 5 , PDF Downloads: 6