Implementasi model pembelajaran pbl untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah perkalian pecahan dengan bilangan asli kelas vi sekolah dasar

Authors

  • Supriyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Implementasi model pembelajaran problem Based Learning di kelas sangat penting untuk membantu siswa memahami materi dan meningkatkan minat mereka dalam proses belajar di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meeningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Padang II Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro pada mata pelajaran Matematika tentang perkalian pecahan dengan bilangan asli. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siuklus I dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga tes kemampuan siswa. Dari hasil observasi ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Padang II Kecamatan Trucuk dari sikus I yang rata- rata kelas berada di 60% dibawah KKM ( Kriteria Ketuntatsa Minimal ). Pada siklus II meningkat menjadi 66% diatas KKM. Hal ini menunjukkan bahwa Implementasi model Pembelajaran Problem based learning pada mata pelajaran Matematika materi perkalian pecahan dengan bilangan asli berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Padang II Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 33