Pengembangan media big book berbasis Cerita anak untuk pembelajaran Membaca permulaan peserta didik kelas i sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang
valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah penelitian
dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup
analisis,desain,implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui
validasi ahli materi dan media, angket, serta tes. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa validitas media dari ahli materi mencapai 96,92%
dan dari ahli media 93%, keduanya dinyatakan (Sangat Valid tanpa
Revisi). Tingkat kepraktisan media diperoleh dari angket respons
peserta didik dengan hasil 100% (Sangat Praktis). Sedangkan angket
guru mendapatkan hasil persentase 0,96% (Sangat Praktis).
Keefektifan media diukur melalui tes pretest dan posttest, dengan hasil
perhitungan menggunakan uji N-gain sebesar 0,63 yang menunjukkan
peningkatan “Sedang”. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa media Big Book berbasis cerita anak dinyatakan
valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran
membaca permulaan di kelas I sekolah dasar.
Downloads

