Eksplorasi konsep matematika dalam surah Al-fatihah di budaya nu untuk pembelajaran Matematika sekolah dasar
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh minimnya integrasi nilai-nilai
keagamaan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, meskipun
Indonesia memiliki kekayaan budaya dan agama yang sangat erat
kaitannya dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Penelitian ini
memiliki tujuan mengeksplorasi konsep matematika dalam Surah Al-
Fatihah di budaya Nahdlatul Ulama (NU) serta menggali paradigma guru
sekolah dasar Islam terhadap hasil eksplorasi tersebut. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif transformatif dengan teknik
pengumpulan data melalui refleksi diri, studi literatur, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas keagamaan masyarakat
NU seperti sholat, tahlil, dan doa memiliki potensi sebagai konteks
pembelajaran matematika, mencakup konsep penjumlahan, perkalian,
bilangan prima, faktor, urutan, rata-rata, hingga geometri. Guru di SDI
Darul Muttaqin merespons positif dan menyatakan bahwa hasil
eksplorasi ini layak diimplementasikan dalam pembelajaran matematika
untuk mengaitkan antara ilmu agama dan logika matematika secara
kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan hasil
eksplorasi dalam pengembangan media, LKPD, dan bahan ajar serta
mendorong penelitian lanjutan untuk menggali aktivitas budaya NU
lainnya yang memiliki nilai-nilai matematika
Downloads
Abstract views: 18
,
PDF Downloads: 23

