Ekplorasi konsep matematika pada Permainan bola voli di sekolah dasar

Authors

  • Yusmanindya Nanda Putri Lisvana Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep matematika
sekolah dasar yang terdapat pada permainan bola voli. Fokus utama
dari penelitian ini terletak pada hambatan yang dihadapi siswa dalam
menguasai konsep matematika yang abstrak, ditambah dengan metode
pembelajaran yang cenderung menggunakan media YouTube dan
PowerPoint yang kurang menghadirkan konteks pembelajaran yang
dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu diperlukan
inovasi dalam pengembangan konteks pembelajaran matematika
dengan memanfaatkan konteks bola voli yang dekat dengan keseharian
siswa agar pembelajaran lebih kontekstual. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan pendekatan Exploraritory Research,
penelitian dilakukan di klub bola voli Agaga. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika sekolah dasar yang
ditemuka pada unsur-unsur permainan bola voli yang meliputi,
Geometri (bangun datar) dan Pengukuran, Geometri (bangun ruang)
dan pengukuran, Sudut, Analisis Data dan peluang yang dapat
dimanfaatkan sebagai konteks pembelajaran matematika di sekolah
dasar. Integrasi konsep matematika ini dapat dimanfaatkan pada
pembelajaran matematika untuk mendukung pembelajaran kontektual
yang bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 26 , PDF Downloads: 70