Eksplorasi matematika pada monumen kapal Selam berbasis rme di sekolah dasar

Authors

  • Aurelia Asharin Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep matematika
yang terdapat pada Monumen Kapal Selam Surabaya serta
mendeskripsikan keterkaitannya dengan pembelajaran matematika di
sekolah dasar. Permasalahan yang menjadi fokus utama pada
penelitian ini adalah kesulitan peserta didik dalam emmahami konsep
matematika karena kurangnya inovasi dalam pembelajaran. Sebagai
penyelesaiaan dari permasalahan tersebut penelitian ini mengadopsi
pendekatan RME yang situasi nyata yang dekat dengan peserta didik
ke dalam pembelajaran metamtatika agar menjadi lebih kontekstual
dan mudah dipahami. Pemanfaatan pengalaman sehari-hari peserta
didik sebagai konteks dalam pembelajaran matematika membuat
pemahaman terhadap suatu materi menjadi lebih mudah. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif berjenis eksploratif. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, studi literatur,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan
Huberman mencakup reduksi data, pemaparan data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pada Monumen
Kapal Selam ditemukan konsep matematika yaitu konsep bilangan
bulat, operais hitung bilangan bulat, bangun datar, bangun ruang, serta
mengonstruksi dan menguraikan bangun ruang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 32