pengaruh penerapan berbaris pagi terhadap kedisiplinan siswa di SDN banjarsugihan II surabaya
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan
siswa yang masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui pengaruh penerapan berbaris pagi terhadap
kedisiplinan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian metode
eksperimen ini menggunakan observasi dan angket. Hasil uji
regresi linear sederhana pada angket penerapan berbaris pagi dan
angket kedisiplinan siswa menunjukkan nilai F hitung = 36.068
dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 dengan taraf signifikan
< 0,05. Hasil uji hipotesis pada data hasil observasi memperoleh
nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 dengan taraf signifikan
< 0,05. Selanjutnya hasil Mean Rank kelas eksperimen jauh lebih
besar dari kelas kontrol yakni 34.80 > 13.65. Dapat disimpulkan
bahwa penerapan berbaris pagi pada kelas eksperimen
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kedisipilinan
siswa dibandingkan dengan kelas kontrol di SDN Banjarsugihan
II Surabaya. Kelas eksperimen yang menerapkan penerapan
berbaris pagi memberikan dampak yang positif pada kedisiplinan
siswa dibandingkan dengan kelas kontrol.
Downloads
Abstract views: 13
,
PDF Downloads: 69

