Pengembangan media pembelajaran Interaktif smart apps creator (sac) untuk Meningkatkan pemahaman konsep pada Materi morfologi tumbuhan peserta didik Kelas iv sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
interaktif berbasis Smart Apps Creator (SAC) pada materi morfologi
tumbuhan guna meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas
IV Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada
rendahnya pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA,
khususnya topik morfologi tumbuhan, akibat kurangnya media
pembelajaran yang menarik dan interaktif. Metode penelitian yang
digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas
tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Media yang dikembangkan dilengkapi fitur visual novel, video
pembelajaran, dan permainan edukatif berbasis drag and drop.
Validitas media dinilai oleh ahli media dan ahli materi dengan hasil
sangat baik, yakni skor kevalidan sebesar 93% dari ahli media dan
98% dari ahli materi. Hasil uji kepraktisan menunjukkan media sangat
praktis digunakan, dengan persentase sebesar 100% dari guru dan 87%
dari peserta didik. Sementara itu, uji efektivitas menunjukkan rata-rata
N-Gain sebesar 0,47 (kategori sedang), dan hasil uji T-test
menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat
peningkatan pemahaman konsep peserta didik secara signifikan
setelah menggunakan media. Dengan demikian, media pembelajaran
interaktif berbasis SAC ini terbukti valid, praktis, dan efektif
digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar, serta mampu
meningkatkan keterlibatan aktif dan pemahaman konsep peserta didik
secara signifikan.
Downloads
Abstract views: 29
,
PDF Downloads: 72

