Pengembangan media pop up book berbasis Peta pikiran untuk meningkatkan Pemahaman siswa pada materi kearifan Lokal kelas iv sd

Authors

  • Ratih Nadia Nawang Putri State University Of Surabaya
  • Ganes Gunansyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa
terhadap macam-macam kearifan lokal di sekitarnya. Sehingga
mengembangkan media Pop Up Book berbasis peta pikiran untuk
meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Kebonsari I/414
Surabaya, dengan metode R&D dan model ADDIE. Penelitian ini
menggunakan instrumen lembar angket, lembar wawancara, lembar
pre test dan pos test. Hasil validasi dari ahli media mengindikasikan,
media ini sangat layak digunakan, dengan perolehan skor senilai 88%,
respon guru dan siswa terhadap angket (92%), validasi instrumen pre-
test dan post-test (90%), modul ajar (92%), bahan ajar (92%), serta
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) senilai 90%. Dari segi
kepraktisan, guru memberikan penilaian senilai 92% dan siswa 93,2%.
Sedangkan rata-rata nilai sebelum pembelajaran (pre-test) senilai 67%
naik menjadi 86% setelah pembelajaran (post-test) Peningkatan ini juga didukung oleh hasil analisis paired sample T-test
melalui signifikansinya senilai 0,001 yang kurang dari 0,05, serta skor
N-Gain senilai 0,619 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan
demikian, Pop Up Book berbasis peta pikiran dapat dinyatakan valid
dan layak digunakan sebagai media pembelajaran, praktis, dan mampu
meningkatkan efektivitas pembelajaran IPS. Penelitian ini
merekomendasikan pemanfaatan media ini secara luas dan
pengembangan lebih lanjut yang mencakup variasi kearifan lokal dari
daerah lain di Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 42