Pengembangan media pembelajaran konkret “rumah bilangan” pada materi kpk dan fpb kelas v sekolah dasar

Authors

  • Safira Fitri Ar Rahmah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan dasar merupakan lingkungan kedua setelah keluarga yang
memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan pemahaman
siswa. Dalam proses pembelajaran, penggunaan media sangat
membantu siswa agar lebih mudah memahami materi yang
disampaikan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan
media pembelajaran konkret bernama Rumah Bilangan untuk
mendukung pemahaman siswa terhadap materi matematika. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan,
kepraktisan, dan kevalidan dari media pembelajaran yang
dikembangkan oleh peneliti. Media pembelajaran yang dikembangkan
berupa papan berbentuk persegi panjang yang berisi angka yang
berurutan. Proses pengembangan media konkret Rumah Bilangan
menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design,
Development, Imlementation, dan Evaluation. Tingkat kevalidan dari
hasil validasi media sebesar 87,5%, validasi materi sebesar 93,33%,
dan validasi soal sebesar 90%. Tingkat kepraktisan media dihitung dari
angket respon peserta didik dengan hasil 88,23%. Tingkat keefektivan
media diukur berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang diukur
dengan rumus N-Gain dengan hasil sebesar 0,75 atau dalam kategori
tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 29 , PDF Downloads: 85