Efektivitas penggunaan media scramble Dengan model pembelajaran kolaboratif Dalam meningkatkan membaca pemahaman Siswa kelas v sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media
scramble dalam model pembelajaran kolaboratif terhadap peningkatan
keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN
Kebonsari I/414 Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah
kuantitatif eksplanatori dengan desain one-group pretest-posttest.
Subjek penelitian adalah kelas V D yang berjumlah 30 siswa dan
seluruhnya mengikuti pembelajaran dengan media scramble berbasis
model kolaboratif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari tes
keterampilan membaca pemahaman dan empat kuesioner berdasarkan
teori efektivitas pembelajaran Slavin, yaitu kualitas pembelajaran,
kesesuaian tingkat, pengajaran yang memberi insentif, dan efisiensi
waktu belajar. Analisis data dilakukan dengan aplikasi SmartPLS untuk menguji
validitas, reliabilitas, serta hubungan antar variabel laten. Selain itu,
uji Paired Sample T-Test digunakan untuk mengetahui signifikansi
peningkatan skor sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media scramble dalam pembelajaran kolaboratif
efektif meningkatkan keterampilan membaca siswa, mencakup aspek
literal, interpretatif, kritis, dan kreatif. Uji Paired Sample T-Test
menghasilkan nilai signifikansi yang menunjukkan adanya perbedaan
yang nyata antara skor pre-test dan post-test, yang mengindikasikan
peningkatan yang signifikan secara statistik. Hal ini membuktikan
bahwa perlakuan yang diberikan berpengaruh secara nyata terhadap
kemampuan membaca siswa. Temuan ini diperkuat oleh hasil
kuesioner yang menunjukkan kontribusi signifikan dari seluruh aspek
efektivitas pembelajaran. Dengan demikian, media scramble terbukti
menjadi strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam
meningkatkan pemahaman membaca siswa secara aktif dan
kolaboratif, serta dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang
aplikatif di jenjang sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 24

