Pengembangan media flashcard “keroket” berbasis augmented reality materi kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa sekolah dasar

Authors

  • Fitriya Marsifa State University of Surabaya
  • Ganes Gunansyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Belum tersedianya sumber dan media belajar yang mengulas materi
kearifan lokal daerah tempat tinggal siswa yakni Magetan, sehingga
menyebabkan rendahnya kemampuan literasi budaya siswa dalam
memahami ragam kearifan lokal Magetan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan media Flashcard “KEROKET” berbasis Augmented
Reality dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa.
Penelitian ini melalui metode Research and Development dengan
model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 9 siswa kelas IV SDN Bendo
1 Magetan. Hasil penelitian menunjukkan validitas media oleh ahli
materi dan media mencapai 90% dan 84,2%, termasuk kategori
“sangat valid”. Kepraktisan media berdasarkan angket respon siswa
sebesar 95%, mengindikasikan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya
keefektifan berdasarkan hasil pre-test dan post-test, menunjukkan
perolehan rata-rata N-Gain sebesar 0,70 dengan kategori “tinggi”.
Temuan ini menunjukkan bahwa media “KEROKET” layak
digunakan dan dapat menunjang peningkatan kemampuan literasi
budaya siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 29 , PDF Downloads: 73