Praktik etnopedagogi di sekolah dasar Melalui pembuatan klepon dalam projek Penguatan profil pelajar pancasila
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara
mendalam praktik etnopedagogi dalam implementasi pembelajaran
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan
kontekstual membuat klepon sebagai media pembelajaran berbasis
budaya lokal. Proyek yang dilaksanakan berupa praktik membuat
jajanan tradisional klepon yang merupakan jajanan khas Sidoarjo
dilaksanakan sebagai pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dengan tema kearifan lokal untuk peserta didik kelas IV.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi
kasus karena bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang
mendalam terhadap suatu suatu fenomena dalam konteks yang
spesifik dan kompleks yaitu kegiatan membuat klepon sebagai
bentuk memperkenalkan jajanan lokal kepada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian
melalui kegiatan membuat klepon ini peserta didik berpartisipasi
aktif dalam membuat klepon, peserta didik dapat mengenal klepon
sebagai jajanan khas Sidoarjo, serta peserta didik dapat memahami
materi dan mampu mewujudkan enam dimensi profil pelajar
Pancasila. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan praktik
etnopedagogi melalui pembuatan klepon menciptakan media
pembelajaran berbasis budaya lokal yang kontekstual dan bermakna
Downloads
Abstract views: 61
,
PDF Downloads: 123

