Media si disa berbasis barcode dan animasi Untuk pembelajaran siklus air di sd

Authors

  • Nabila Salwa Ayu Salsabillah Universitas Negeri Surabaya
  • Suryanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
SI DISA (Diorama Siklus Air) berbasis barcode yang terintegrasi
dengan video animasi serta dikombinasikan dengan model Project-
Based Learning (PJBL) guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas
V SD pada materi siklus air. Penelitian menggunakan metode Research
and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima
tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan media
dengan hasil kevalidan sangat tinggi, yaitu masing-masing sebesar
97,3% dan 97%. Kepraktisan media juga dinilai sangat baik
berdasarkan angket siswa (93,2%), penilaian guru (100%), dan hasil
observasi (97,2%). Uji efektivitas dilakukan menggunakan desain One
Group Pretest-Posttest. Rata-rata nilai siswa meningkat signifikan dari
59,88 pada pre-test menjadi 92,70 pada post-test. Persentase
ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 14,81% menjadi 96,29%.
Skor N-Gain sebesar 0,84 menunjukkan peningkatan hasil belajar
dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media SI
DISA sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran Penggunaan diorama fisik yang terintegrasi dengan video animasi dan
aktivitas proyek memberikan pengalaman belajar yang lebih
bermakna, interaktif, dan kontekstual. Inovasi ini memberikan
kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di
sekolah dasar, khususnya dalam membantu siswa memahami konsep
abstrak seperti siklus air secara visual dan aplikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 23