Efektivitas model pembelajaran ider-ider Dalam memperkuat sikap asertif siswa kelas Ii sekolah dasar
Abstract
Model pembelajaran satu arah seperti ceramah cenderung membuat
siswa pasif dan kurang terlibat dalam proses belajar. Penelitian ini
bertujuan menguji efektivitas Model Pembelajaran Ider-Ider dalam
memperkuat sikap asertif siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode
penelitian menggunakan kuasi-eksperimen dengan desain
nonequivalent control group design, melibatkan dua kelas (29 siswa
tiap kelas) yang dipilih secara purposive sampling. Kelompok
eksperimen diajar dengan Model Pembelajaran Ider-Ider, sedangkan
kelompok kontrol menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.
Data diperoleh melalui pre-post test asertivitas dan dianalisis secara
statistik. Hasil N-Gain menunjukkan peningkatan signifikan pada
kelompok eksperimen (0,4367 – kategori sedang), sementara
kelompok kontrol hanya mencapai 0,1411 (kategori rendah). Maka
diperoleh kesimpulan yakni penerapan model pembelajaran Ider-Ider
efektif dalam memperkuat sikap asertif siswa kelas II di SDN Rangkah
VI/168 Surabaya. Temuan ini membuktikan bahwa model
pembelajaran ider-ider efektif dalam mengembangkan asertivitas
siswa, sekaligus menegaskan pentingnya pendekatan partisipatif
berbasis kearifan lokal untuk penguatan karakter sosial-emosional di
tingkat pendidikan dasar
Downloads
Abstract views: 37
,
PDF Downloads: 49

