Efektivitas model pembelajaran ider-ider Dalam memperkuat sikap asertif siswa kelas Ii sekolah dasar

Authors

  • May Maulidah Zahrotunnisa' Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Metalin Ika Puspita

Abstract

Model pembelajaran satu arah seperti ceramah cenderung membuat
siswa pasif dan kurang terlibat dalam proses belajar. Penelitian ini
bertujuan menguji efektivitas Model Pembelajaran Ider-Ider dalam
memperkuat sikap asertif siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode
penelitian menggunakan kuasi-eksperimen dengan desain
nonequivalent control group design, melibatkan dua kelas (29 siswa
tiap kelas) yang dipilih secara purposive sampling. Kelompok
eksperimen diajar dengan Model Pembelajaran Ider-Ider, sedangkan
kelompok kontrol menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.
Data diperoleh melalui pre-post test asertivitas dan dianalisis secara
statistik. Hasil N-Gain menunjukkan peningkatan signifikan pada
kelompok eksperimen (0,4367 – kategori sedang), sementara
kelompok kontrol hanya mencapai 0,1411 (kategori rendah). Maka
diperoleh kesimpulan yakni penerapan model pembelajaran Ider-Ider
efektif dalam memperkuat sikap asertif siswa kelas II di SDN Rangkah
VI/168 Surabaya. Temuan ini membuktikan bahwa model
pembelajaran ider-ider efektif dalam mengembangkan asertivitas
siswa, sekaligus menegaskan pentingnya pendekatan partisipatif
berbasis kearifan lokal untuk penguatan karakter sosial-emosional di
tingkat pendidikan dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 37 , PDF Downloads: 49