Pengembangan media interaktif “sispa” Berbasis articulate storyline materi sistem Pernapasan manusia untuk meningkatkan Hasil belajar di sekolah dasar

Authors

  • Nurul Aanisah Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji
kelayakan media pembelajaran interaktif SISPA (Sistem Pernapasan
manusia) berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas V SD pada materi sistem pernapasan
manusia. Metode yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Data diperoleh melalui
lembar validasi, lembar angket, serta pre-test dan post-test. Hasil
menunjukkan bahwa media dinyatakan sangat valid dengan skor
validasi materi sebesar 95,56% dan media 96,25%. Hasil kepraktisan
dari rata-rata angket guru dan peserta didik memperoleh skor sebesar
94,48% dengan kategori sangat praktis. Selain itu, media juga terbukti
efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang
ditunjukkan oleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar
0,739 yang termasuk kategori “efektif”, serta ketuntasan belajar yang
mencapai 100%. Dengan demikian, media interaktif SISPA berbasis
Articulate Storyline dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Media ini
memberikan kontribusi praktis dalam pembelajaran IPA karena
mampu menyajikan materi secara menarik, interaktif, dan mudah
dipahami, sehingga mampu meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 26 , PDF Downloads: 54