Dampak penerapan model gibb’s terhadap Kemampuan menulis reflektif pengalaman Kebaikan peserta didik kelas v Sekolah dasar

Authors

  • Fikroh Al-Ulya Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model
Gibb’s terhadap kemampuan menulis reflektif pengalaman kebaikan
peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one
group pretest-posttest. Sampel yang digunakan yaitu 28 peserta didik
kelas V-B SDN Klampis Ngasem V/230 Surabaya. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Sementara itu,
teknik analisis data menggunakan uji instrumen dan uji analisis data
hasil penelitian. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan
diperoleh hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi (2-
tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa Ho ditolak
dan Ha diterima. Selain itu, nilai N-Gain sebesar 0,4682 yang tergolong
dalam kategori sedang. Kuesioner juga menunjukkan bahwa peserta
didik memberikan respon sangat positif terhadap pembelajaran
menggunakan model Gibb’s, dengan rata-rata skor respon sebesar
91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Gibb’s
terbukti memiliki dampak positif terhadap kemampuan menulis
reflektif pengalaman kebaikan peserta didik kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 6 , PDF Downloads: 46