Efektivitas media labirin aksara jawa dalam Meningkatkan keterampilan membaca Sandhangan di kelas iv sd
Abstract
Rendahnya minat mempelajari aksara Jawa dan kurangnya media
pembelajaran menjadi latar belakang penelitian. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektivitas media labirin aksara Jawa dan
mendeskripsikan hubungan teori efektivitas menurut Slavin yaitu
mutu pembelajaran, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran,
intensitas pembelajaran, dan waktu pembelajaran terhadap hasil
keterampilan membaca melalui penggunaan media labirin aksara
Jawa. Penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan sampel dengan total
sampling. Penelitian berlokasi di SDN Lontar 481 Surabaya dengan
sampel 50 siswa kelas 4. Teknik analisis data menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, discriminant validity, uji path coefficient, r-
square, f-square, dan uji t-test. Hipotesis menunjukkan dari tiga belas
hipotesis yang diajukan, terdapat tujuh hipotesis diterima dan
signifikan.
Downloads
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 53

