Pengembangan media kotak manjur tentang kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ipas kelas v di sdn sawunggaling 1/382 surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran
KOTAK MANJUR (Komik Cetak Makanan Khas Jawa Timur) untuk
keterampilan berpikir kritis siswa yang efektif, efisien, dan valid.
Pengembangan media pembelajaran KOTAK MANJUR ini
menggunakan desain penelitian model pengembangan ADDIE
(analyze, design, develop, implement, dan evaluate). Penelitian
dilaksanakan di kelas V SDN Sawunggaling 1/382 Surabaya pada
semester II tahun ajaran 2024/2025. Temuan dari penelitian tentang
pengembangan media pembelajaran yang diberi nama KOTAK
MANJUR melaporkan bahwa validitas diukur berdasarkan temuan
yang dicapai dari kuesioner validasi yang diisi oleh ahli media dan
ahli materi. Nilai validasi media sebesar 92% dan validasi materi
sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dinilai
berdasarkan hasil lembar angket respon siswa dan lembar angket
respon guru. Hasil angket respon siswa sebesar 88% dengan kategori
sangat praktis. Penentuan keefektifan diperoleh dari hasil pre-test dan
post-test yang diberikan kepada siswa, dengan penanda berpikir kritis
dan nilai N-gain sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori sedang
Downloads
Abstract views: 13
,
PDF Downloads: 25

