Pengembangan media e-card interaktif Kartu pertal (penggunaan huruf kapital) Pada materi penggunaan huruf kapital siswa Kelas v sekolah dasar
Abstract
Pemahaman terhadap penggunaan huruf kapital sangat penting bagi
siswa kelas V sekolah dasar untuk menulis sesuai kaidah PUEBI.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media E-Card Interaktif Kartu
Pertal (Penggunaan Huruf Kapital) pada materi penggunaan huruf
kapital siswa kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian Research and Development (R&D) digunakan dalam
penelitian ini dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari
lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation. Kevalidan media mencapai persentase sebesar 92,5%
dan kevalidan materi mencapai persentase sebesar 97,5% dengan
kriteria sangat valid. Keefektifan diukur menggunakan rumus n-gain
yang menunjukkan nilai 0,73 dengan kategori peningkatan tinggi.
Kepraktisan dari hasil angket respons siswa memperoleh persentase
sebesar 92,1% dan hasil angket respons guru memperoleh persentase
sebesar 93,7% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil yang
diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media E-Card Interaktif Kartu
Pertal (Penggunaan Huruf Kapital) dinyatakan valid, praktis, dan
efektif digunakan dalam pembelajaran penggunaan huruf kapital
Downloads

