Pengembangan flashcard Untuk pemahaman kalimat kausalitas Di kelas v sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Flashcard untuk memahami
hubungan kausalitas melalui kalimat majemuk bertingkat peserta didik kelas
V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas V di
SDN Winongan Lor 1 Pasuruan. Instrumen pengumpulan data menggunakan
lembar validasi, angket, pretest dan posttest. Teknik analisis data
menggunakan perhitungan N-Gain dan skala likert. Hasil kevalidan
berdasarkan validasi dari ahli media menunjukkan persentase 96,42% dan
validasi materi menunjukkan 93,75%. Hasil angket peserta didik dalam uji
coba skala kecil sebesar 94,03%, dan uji coba skala besar sebesar 96,38%.
Keefektifan media Flashcard dibuktikan dengan perolehan skor n-gain pada
uji skala kecil sebesar 0,63 dan pada uji skala besar 0,77. Berdasarkan
perolehan tersebut, disimpulkan bahwa media Flashcard untuk memahamai
hubungan kausalitas melalui kalimat majemuk bertingkat dinyatakan sangat
valid, praktis, dan efektif.
Downloads
Abstract views: 13
,
PDF Downloads: 26

