Pengembangan media wayang karakter Untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan pancasila peserta didik pada Kurikulum merdeka di kelas iv Sekolah dasar
Abstract
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (JPPGSD)
Volume 13, Number 7, 2025 pp. 1914-1927
P-ISSN: 2252-3405
Open Access: https//:ejournal.unesa.ac.id/
1914
PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARAKTER
UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK PADA
KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV
SEKOLAH DASAR
Syarifa Nurul Azam1*, Ari Metalin Ika Puspita2
1*,2Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Surabaya
Article Info Abstract
Dikirim 6 Juli 2025
Revisi 12 Juli 2025
Diterima 21 Juli 2025
This study focuses on the development of character puppet media
aimed at facilitating learning to enhance the learning motivation of
fourth-grade students in Pancasila subject.This study utilizes the
Research and Development (R&D) method and the ADDIE
development model. The research employed five stages: analysis,
design, development, implementation, and evaluation. The
development of the wayang character media was deemed valid based
on reviews from several experts: Media experts gave a score of 94.1%,
Material experts reviewed the learning instruments, giving 87.5% for
the teaching module, 80.5% for the teaching materials, and 80.5% for
the student worksheets (LKPD), Linguistics experts reviewed the
grammar in the introductory story, giving a score of 97.5%. The
normality test results indicate that the research data is normally
distributed. For the limited-scale test, the pre-test Sig. value was 0.492
and the post-test Sig. value was 0.561. For the field-scale test, the pre-
test Sig. value was 0.406 and the post-test Sig. value was 0.485. The
N-Gain test results were 0.72 for the limited-scale trial and 0.77 for the
field-scale trial, indicating that the product trial was highly effective.
Furthermore, the study received a student response of 95.53% and a
teacher response of 93.75%, both considered highly practical.
Therefore, this research is expected to serve as a reference for teachers
and future research, offering a solution to improve elementary school
students' learning motivation and outcomes.
Kata kunci:
Motivasi belajar, wayang
karakter, sekolah dasar
Abstrak
Studi ini berfokus pada pengembangan media wayang karakter yang
bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran, guna meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Pancasila.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dan model
pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini menggunakan lima tahap
yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.
Tahap pengembangan media wayang karakter dinilai valid
berdasarkan tinjauan dari ahli media yang mendapatkan persentase
skor sebesar 94,1%, perangkat pembelajaran yang ditinjau oleh ahli
materi dengan nilai sebesar 87,5% untuk modul ajar, 80,5% untuk
bahan ajar , serta 80,5% untuk LKPD, dan tata bahasa pada cerita
pengantar yang ditinjau oleh ahli bahasa dengan nilai sebesar 97,5%.
Penelitian ini menunjukkan distribusi data yang normal, seperti yang
terbukti dari hasil uji normalitas. Secara spesifik, pada skala terbatas,
nilai signifikansi (Sig.) untuk pre-test adalah 0,492 dan untuk post-test
adalah 0,561. Sementara itu, pada skala lapangan, nilai Sig. pre-test
mencapai 0,406 dan post-test 0,485. Hasil keefektifan menunjukkan nilai sebesar 0,72 untuk uji coba skala terbatas dan nilai 0,77 untuk uji
coba skala lapangan yang mengindikasikan bahwa uji coba produk
dinilai sangat efektif. Hasil penelitian ini mengungkapkan tingkat
kepraktisan yang sangat baik, dibuktikan oleh respons peserta didik
sebesar 95,53% dan respons guru sebesar 93,75%. Penelitian ini
diharapkan dapat menjadi acuan penting bagi guru dan dasar bagi
penelitian di masa depan dalam upaya meningkatkan motivasi dan
hasil belajar peserta didik di tingkat sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 16
,
PDF Downloads: 43

