Pengaruh model teams games tournament Berbantuan wordwall terhadap hasil Belajar narasi siswa kelas vi sd
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk menghitung pengaruh model teams games
tournament berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar narasi peserta
didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
eksperimen one group only posttest. Subjek penelitian terdiri dari 31 peserta
didik. Data dikumpulkan melalui posttest dan angket, lalu dianalisis
menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
teams games tournament berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teks
narasi, yang terlihat dari hasil uji hipotesis pada software SmartPLS. Akan
tetapi, Wordwall tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta
didik. Temuan ini menegaskan bahwa kekuatan utama dalam hasil belajar
peserta didik bukan semata-mata berasal dari media digital yang digunakan,
melainkan dari mekanisme pembelajaran kolaboratif yang diterapkan
secara aktif dan kompetitif melalui model teams games tornament.
Penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi guru dalam merancang
pembelajaran berbasis kolaborasi yang efektif serta memberikan kontribusi
teoretis terhadap pengembangan model pembelajaran kooperatif yang
terintegrasi dengan teknologi digital.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 22
,
PDF Downloads: 0

