Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas iv pada materi gaya
Abstract
PA mempelajari fakta, konsep, prinsip dan penemuan. Pembelajaran
IPA di sekolah dasar sering kali menghadapi tantangan dalam
menyampaikan konsep abstrak seperti gaya secara efektif kepada
peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta
didik kelas IV pada materi gaya. Penelitian dilakukan dengan
pendekatan kuantitatif melalui metode eksperimen semu pada 15
peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas,
perhitungan N-Gain dan uji-t. Hasil analisis mengidentifikasi adanya
peningkatan hasil belajar yang signifikan, dengan skor N-Gain berada
pada kategori sedang hingga tinggi, serta nilai signifikansi uji-t < 0,05.
Selain itu, hasil angket mengindikasikan respon sangat baik dari
peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw. Temuan ini menunjukkan bahwa model Jigsaw efektif dalam
meningkatkan hasil belajar serta diterima dengan baik oleh peserta
didik. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada ukuran
sampel yang kecil dan homogenitas latar peserta didik.
Downloads
Abstract views: 19
,
PDF Downloads: 54

