Pengembangan media animasi interaktif dengan adobe anomate pada materi tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN kaliabu 02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
IV SDN Kaliabu 02 yang berjumlah sebanyak 15 siswa. Media ini
dikembangkan untuk memastikan kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan media animasi interaktif dengan adobe animate pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi bagian tumbuhan dan
fungsinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ADDIE
(Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Berdasarkan hasil
penelitian, media animasi interaktif dengan adobe animate memiliki
keunggulan pada desain yang menarik, materi yang mudah dipahami,
serta adanya fitur interaktif. Instrumen pengumpulan data meliputi
lembar validasi, angket, dan pre-test dan post-test. Data dianalisis
menggunakan microsoft excel dan SPSS, untuk mengukur kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan. Kelayakan media ini divalidasi oleh ahli
media (88%) dan ahli materi (86%), yang menunjukkan kategori
"Sangat Valid". Kepraktisan media diukur melalui respon siswa
dengan persentase 90% ("Sangat Praktis"), menunjukkan ketertarikan
dan pemahaman siswa meningkat. Dari aspek keefektifan, hasil tes
menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 53% siswa mencapai
KKTP pada pretest dan 93% pada posttest.
Downloads
Abstract views: 10
,
PDF Downloads: 23

