Pengembangan media pop-up book tamiya “taman ilustrasi gaya” berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran ipas materi gaya siswa kelas iv sd
Abstract
Keberhasilan kegiatan pembelajaran didukung dari berbagai faktor
penunjang, salah satunya yaitu media pembelajaran. Peneliti
mengembangkan media pop-up book “Tamiya” berbasis pendekatan
saintifik yang mempunyai tujuan untuk memahami kelayakan media
dengan 3 aspek di antaranya efektivitas, kepraktisan, serta validitas.
R&D melalui tahapan pengembangan model ASSURE merupakan
jenis penelitian ini. Instrumen yang digunakan mencakup lembar
validasi, lembar angket, serta lembar tes. Temuan ini memperlihatkan
bahwasanya media pop-up book “sangat valid” (95% materi, 96%
media), “sangat praktis” (85,75% siswa, 84,3% guru), serta efektif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan N-Gain 0,63
berkategori “sedang”. Kemudian diperoleh hasil uji-t sebesar 0.000
yang menunjukkan bahwasanya ada perbedaan signifikan antara hasil
pretest dan posttest. Kesimpulannya, media pop-up book “Tamiya”
berbasis pendekatan saintifik layak digunakan sebagai media
pembelajaran IPAS pada materi gaya siswa kelas IV SD. Untuk
penelitian selanjutnya disarankan lebih kreatif dan inovatif dalam
merancang kegiatan praktik pada tahapan mencoba sehingga membuat
siswa semakin antusias dalam belajar
Downloads
Abstract views: 22
,
PDF Downloads: 33

