Analisis kompetensi guru sebagai calon guru penggerak sekolah dasar di sd negeri jogoroto kecamatan jogoroto kabupaten jombang

Authors

  • Ranti Rani Effendi Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyani

Abstract

Seorang pendidik harus memiliki kompetensi yang mumpuni. Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru di Indonesia, pemerintah telah mengembangkan Program Guru Penggerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi Calon Guru Penggerak (CGP) di SD Negeri Jogoroto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas tiga CGP, satu fasilitator, satu kepala sekolah, dan satu peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model Miles & Huberman dan diuji keabsahannya melalui triangulasi dan member check. Hasil menunjukkan bahwa CGP A menunjukkan kompetensi yang unggul dalam pembelajaran berdiferensiasi dan pemanfaatan teknologi. Sementara CGP B dan C masih memerlukan penguatan pada aspek implementasi dan refleksi pembelajaran. Dukungan tambahan melalui pelatihan lanjutan dan pendampingan berkelanjutan sangat disarankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0