Pengembangan media gabole untuk Pembelajaran ips keberagaman sosial Budaya di kelas iv sd

Authors

  • Yuana Fitri Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media
Game Board Lesson (GABOLE) Pada Pembelajaran IPS Materi
Keberagaman Sosial dan Budaya kelas IV di SD Khadijah 3 Surabaya
guna meningkatkan pemahaman serta penguasaan materi peserta didik
sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan inovatif. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, serta
kepraktisan dari media GABOLE yang peneliti kembangkan.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE dan menggunakan jenis
penelitian (R&D). Hasil yang diperoleh dari penelitian
Pengembangan Media GABOLE Pada Pembelajaran IPS Materi
Keberagaman Sosial dan Budaya untuk Kelas IV Sekolah Dasar
dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif. Dikatakan sangat valid
karena didapatkan presentase 94% oleh ahli media dan 91% oleh ahli
materi. Dikatakan sangat efektif karena peningkatan pemahaman
peserta didik pada materi keberagaman sosial dan budaya sebesar 83%
dan N-Gain sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Serta dikatakan sangat
praktis karena adanya penilaian angket respon peserta didik sebesar
97,18% dan angket guru sebesar 100%

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 38