Media animasi berbasis canva untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa SD melalui cerita lokal indonesia

Authors

  • Frisca Deviana Nur Azizah Setyo Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran
animasi audiovisual berbasis Canva yang mengangkat cerita
adaptif untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V
sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil validasi dari
ahli media dan materi menunjukkan tingkat kevalidan yang tinggi
(88,3% dan 90,9%), sedangkan respon siswa menunjukkan
kepraktisan sebesar 87,6%. Uji efektivitas menunjukkan
peningkatan signifikan pada hasil belajar, dengan rata-rata nilai
meningkat dari 62,41 (pretest) menjadi 86,55 (posttest), serta N-
Gain sebesar 0,80 (kategori tinggi) dengan nilai signifikansi p <
0,05. Media ini terbukti mampu meningkatkan berbagai aspek
keterampilan bercerita, termasuk penyampaian isi, pelafalan,
intonasi, ekspresi, dan kepercayaan diri. Hasil ini memperkuat
potensi Canva sebagai media pembelajaran interaktif yang praktis
dan mudah diterapkan dalam pendidikan dasar. Penelitian ini
memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pembelajaran
berbasis teknologi yang adaptif terhadap konteks lokal dan
kebutuhan peserta didik.
This is an open-acce

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 73