Pengaruh penggunaan media kata terhadap hasil belajar bahasa inggris materi superlative siswa kelas v sekolah dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media kartu kata bergambar aktif terhadap hasil belajar
Bahasa Inggris materi superlative siswa kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu atau quasi
experimental. Adapun desain penelitian ini yaitu one group pre test-
post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
Pucang 5 Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 22 siswa yang terdiri
dari 10 siswa dan 12 siswi. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan soal test dan dianalisis menggunakan paired
sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata
bergambar aktif berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Inggris
materi superlative siswa kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil
perhitungan N-Gain diperoleh nilai 0,689. Artinya penggunaan media
KATA (kartu kata bergambar aktif) dinyatakan tingkat keefektifan
sedang terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa V SDN Pucang 5
Sidoarjo
Downloads
Abstract views: 9
,
PDF Downloads: 28

