Eksplorasi etnomatematika pada tampah: Sebuah alat sederhana untuk mengajar Konsep matematika di sekolah dasar
Abstract
Tampah merupakan sebuah peralatan rumah tangga sederhana khas
Jawa yang memiliki fungsi utama sebagai alat penampi beras dan telah
digunakan dari tahun 1939 hingga saat ini. Dengan demikian, tampah
menjadi salah satu kearifan lokal yang dekat dengan kehidupan peserta
didik. Alat sederhana ini memiliki keterkaitan dengan berbagai konsep
matematika yang terdapat di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengeksplorasi tampah dari berbagai sudut pandang dan
mengaitkannya dengan konsep matematika untuk menunjang
pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan
studi kualitatif melalui pendekatan autoetnografi. Sumber data
diperoleh melalui kajian literatur dari berbagai sumber yang relevan,
wawancara terhadap pengrajin tampah, observasi dan dokumentasi.
Etnomatematika yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu terkait
bentuk dari tampah, proses pembuatan, serta fungsi dari tampah itu
sendiri. Penelitian ini menghasilkan keterkaitan tampah dengan
beberapa materi pembelajaran matematika di sekolah dasar yang dapat
diuraikan sebagai berikut: 1) konsep lingkaran; 2) konsep geometri
dasar (garis, bidang, dan sudut); 3) konsep operasi hitung; 4) konsep
keliling dan luas bangun datar lingkaran; dan 5) konsep pecahan.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan pembelajaran matematika di
sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai budaya melalui
etnomatematika agar pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi
peserta didik
Downloads
Abstract views: 13
,
PDF Downloads: 68

