Pengembangan media lapbook cerita fiksi untukkketerampilan menuliskan kembali cerita fiksi peserta didik kelas ii sekolahh dasar

Authors

  • Arisma Tri Istighfarin Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan menuliskan
kembali peserta didik kelas II sekolah dasar. Tujuan penelitian ini
untuk menghasilkan produk Lapbook Cerita Fiksi yang valid, praktis,
dan efektif untuk keterampilan menuliskan kembali cerita fiksi. Jenis
penelitian ini Research and Development (R&D). dengan model
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri
atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada skala
kecil 6 peserta didik dan skala besar 26 peserta didik kelas II SDN
Kebraon II/437 Surabaya Hasil penelitian ini memperoleh persentase
kevalidan memperoleh persentase 85% dari ahli media dan 90,90%
dari ahli materi dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan media
diperoleh dari angket pendidik dengan persentase 90% dan angket
peserta didik 95,7 memperoleh persentase sebesar dengan kategori
sangat praktis. Keefektifan media Lapbook Cerita Fiksi dianalisis
melalui pre-test dan post-test yang diberikan kepada peserta, analisis
peneliti menghasilkan nilai N-gain sebesar 0,71 dan termasuk kedalam
kategori tinggi . Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
media Lapbook Cerita Fiksi yang akan dikembangkan dinyatakan
layak untuk digunakan dalam pembelajaran menuliskan kembali cerita
fiksi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 37