Pengembangan media bingo pintar matematika (bintara) dalam materi operasi hitung bilangan bulat kelas vi sekolah dasar

Authors

  • Karintiani Kahiksa Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
BINTARA (Bingo Pintar Matematika) sebagai sarana drilling latihan
soal yang menyenangkan dalam materi operasi hitung bilangan bulat
positif dan negatif untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. Metode yang
digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate).
Berdasarkan hasil uji validasi, BINTARA dinyatakan sangat valid
oleh ahli media dan ahli materi, dengan persentase kevalidan masing-
masing sebesar 83% dan 93%. Efektivitas media BINTARA
ditunjukkan melalui peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai N-
Gain sebesar 0,43, yang berada pada kategori cukup efektif., hasil
evaluasi kepraktisan dari angket guru (86,6%) dan angket peserta
didik (89%) menempatkan media ini dalam kategori sangat praktis
untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa BINTARA adalah media pembelajaran
yang valid, efektif, dan praktis, serta layak diterapkan dalam
pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 13