Implementasi metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 1 sekolah dasar: studi deskriptif kualitatif

Authors

  • Dwiga Arsyitina Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi
metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan
berbicara siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 30
siswa kelas 1 SDN 4 Sidomulyo. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dengan
guru kelas, dan dokumentasi selama proses pembelajaran.
Pembelajaran interaktif dilakukan dalam empat kali pertemuan
menggunakan media buku cerita bergambar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa metode pembelajaran interaktif mampu
meningkatkan keberanian, kelancaran, kosakata, dan kejelasan
berbicara siswa. Siswa menjadi lebih aktif dalam menyampaikan
ide secara lisan dan menunjukkan partisipasi yang tinggi dalam
kegiatan bercerita. Media visual seperti gambar cerita terbukti
efektif dalam merangsang daya imajinasi dan memfasilitasi
ekspresi verbal siswa. Selain itu, interaksi sosial antar siswa
meningkat melalui diskusi kelompok dan kegiatan kolaboratif
lainnya. Pembelajaran interaktif juga menciptakan suasana belajar
yang menyenangkan, kontekstual, dan mendukung perkembangan
bahasa lisan anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 67 , PDF Downloads: 173