Pengembangan media kotaro (kotak budaya bojonegoro) materi keberagaman budaya bojonegoro dalam pembelajaran ips kelas IV SD
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi karena kurangnya
pengetahuan peserta didik mengenai kebudayaan didaerah tempat
tinggalnya serta penggunaan media pembelajaran yang kurang
optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran KOTARO.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE.
Alat pengumpulan data menggunakan validasi ahli materi dan ahli
media, angket respon peserta didik dan guru, serta pretest dan postest
yang dilakukan. Hasil dari validasi ahli materi mendapatkan
presentase 92%, sedangkan hasil validasi ahli media mendapatkan
presentase 85,34%. Selanjutnya hasil angket peserta didik
mendapatkan presentase 88,85%, sedangkan angket guru
mendapatkan presentase 93,33%. Hasil pretest dan postest yang
dilakukan peserta diidk mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,57 yang
dikategorikan sedang. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian
dapat dikatakan bahwa media pembelajaran KOTARO sangat valid,
praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran
Downloads
Abstract views: 11
,
PDF Downloads: 36

