Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe time token untuk keterampilan berbicara bahasa jawa pada materi ragam ngoko alus siswa kelas v sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini mengaji efektivitas model pembelajaran Kooperatif tipe
Time Token dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa
ragam Ngoko Alus pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Masalah utama
yang diatasi adalah rendahnya keterampilan berbicara bahasa jawa
siswa. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif
eksplanatori dengan desain One Group Pretest-Posttest pada 25 siswa
kelas Vdi SDN Dukuh Kupang V/534 Surabaya sebagai subjek, data
dikumpulkan melalui observasi, tes lisan dan kuesioner, kemudian
dianalisis dengan Paired Sample t-Test dan SEM-PLS. Hasil
menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara
siswa, rata-rata skor pre-test 9,84 menjadi post-test 17,92, p < 0,05.
Model Time Token terbukti efektif menciptakan partisipasi merata
siswa selama pembelajaran. Kualitas pembelajaran, efisiensi waktu,
kesesuaian materi, dan insentif secara positif memengaruhi
keterampilan berbicara. Temuan ini menegaskan bahwa Time Token
adalah solusi pedagogis yang aplikatif untuk penguatan muatan lokal
dan pengembangan keterampilan berbicara di SD
Downloads
Abstract views: 38
,
PDF Downloads: 0

