Pengembangan media game edukatif “wordwall science” berbasis android untuk siswa kelas iv sekolah dasar materi sifat dan perubahan wujud benda

Authors

  • Dhea Nata Al Dana Universitas Negeri Surabaya
  • Farida Istianah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan,
kepraktisan, serta mengetahui keefektifan media game edukasi
“Wordwall Science” berbasis android pada materi Sifat dan Perubahan
Wujud Benda kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan
pada penelitian ini adalah jenis penelitian R&D atau Research and
Development. Serta menggunakan rancangan penelitian dan
pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan diperoleh kevalidan media dari validator ahli media dengan
presentase sebesar 91% yang dapat dikategorikan valid dan layak
digunakan. Kemudian hasil dari validator ahli materi dengan
presentase sebesar 91% yang dapat dikategorikan valid atau layak
digunakan. Untuk hasil dari kepraktisan media diperoleh nilai
presentase sebesar 95,4% dikategorikan sangat praktis dan layak untuk
digunakan. Dan untuk hasil keefektifan media yang dianalisis
menggunakan metode N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai N-
Gain rata-rata sebesar 0,75 yang masuk dalam kategori keefektifan
tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 54