Rekonstruksi kompetensi guru dalam pembelajaran matematika berbasis compuational thinking terintegrasi nilai dalam al-qur’an
Abstract
Penelitian ini mengkaji rekonstruksi kompetensi guru SD dalam
mengintegrasikan Computational Thinking (CT) dengan nilai-nilai Al-
Qur'an untuk pembelajaran matematika di era digital. Menggunakan
studi kasus kualitatif di UPT SD Negeri 263 Gresik melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi dengan guru dan siswa kelas IV. Hasil
menunjukkan rekonstruksi kompetensi terjadi dalam tiga aspek:
teknopedagogis (transformasi guru menjadi fasilitator pembelajaran
interaktif berbasis Scratch dengan empat pilar CT), spiritual (integrasi
kontekstual ayat Al-Qur'an dalam aktivitas matematika untuk
memperkuat karakter religius), dan adaptif (strategi responsif terhadap
keberagaman siswa melalui pendekatan bertahap dan kolaboratif).
Temuan membuktikan bahwa kompetensi guru di era Kurikulum
Merdeka memerlukan integrasi harmonis teknologi, pedagogi, dan
spiritualitas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif secara
akademik sekaligus bermakna secara nilai dalam menjawab tuntutan
transformasi digital
Downloads
Abstract views: 15
,
PDF Downloads: 26

