pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif (pointif) berbantuan canva pada materi kalimat efektif untuk kelas iv sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini berlatarbelakang kesulitan siswa kelas IV di SDN Mungli dalam memahami materi kalimat efektif. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghasilkan media PowerPoint interaktif (POINTIF) untuk kelas IV di SDN Mungli. Metode yang digunakan adalah penelitiian dan pegembangan (RnD) dengan model ADDIE. Penelitian dilakukan pada skala kecil dan skala besar. Kelayakan media ditinjau dari aspek kevalidan yang diperoleh dari ahli media dan ahli materi. kepraktisan didapatkan dari hasil angket siswa dan guru yang diambil menggunakan angket skala likert 1-5 dan keefektifan media diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian dalam uji kevalidan media menghasilkan persentase 88%, sedangkan uji kevalidan materi menghasilkan persentase sebesar 87,2%. Hasil kepraktisan menunjukkan persentase 92,8% untuk hasil angket respons siswa. Sedangkan dari angket respons guru persentase sebesar 91,1%. Hasil keefektifan memperoleh hasil 0,712 yang termasuk golongan peningkatan tinggi. Denggan demikian dapat ditarik simpulan media “POINTIF” sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif untuk diterapkan di kelas IV SDN Mungli pada materi kalimat efektif.
Downloads

