Kajian nilai-nilai karakter dalam episode jembatan ilmu pada film animasi upin dan ipin sebagai media pembelajaran siswa sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti nilai karakter yang terdapat
dalam episode “Jembatan Ilmu” dari film animasi Upin dan Ipin serta
menilai potensinya sebagai sarana edukasi bagi siswa di tingkat
sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif
dan metode analisis konten, studi ini mengamati dialog, scene, serta
interaksi antara karakter dalam film. Temuan analisis menunjukkan
adanya 12 nilai karakter utama yang meliputi toleransi, rasa tanggung
jawab, kejujuran, disiplin, kerjasama, kepedulian sosial, penghargaan
terhadap prestasi, kemandirian, cinta perdamaian, kreativitas, dan
cinta tanah air. Nilai-nilai tersebut selaras dengan kurikulum
pendidikan karakter di sekolah dasar dan dapat diintegrasikan melalui
media audiovisual yang menarik serta mudah dipahami. Pemanfaatan
film animasi terbukti memberikan dampak positif dalam
meningkatkan motivasi dan pemahanan siswa terkait nilai-nilai
karakter. Para guru dapat menggunakan media ini untuk menciptakan
pengalaman belajar yang interaktif dan relevan. Hasil penelitian ini
memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran
berbasis animasi guna mendukung pembentukan karakter siswa
dengan cara yang efektif.
Downloads
Abstract views: 9
,
PDF Downloads: 50

