Pengembangan media pembelajaran peka (peta kebhinekaan) untuk menanamkan pemahaman nilai kebhinekaan mata pelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Rizky Amaliyah Solichah Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Metalin Ika Puspita Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini mengembangkan dan mengimplementasikan media
pembelajaran PEKA (Peta Kebhinekaan) untuk meningkatkan
pemahaman nilai-nilai Kebhinekaan siswa kelas IV SDN Ngagelrejo
1/396 Surabaya. Mempergunakan metode Research & Development
(R&D) yang bermodelkan ADDIE, data dikumpulkan melalui validasi
ahli, angket respons, dan tes. Subjek penelitian adalah 27 siswa pada
uji implementasi lapangan. Hasil menunjukkan media Peka sangat
valid (ahli media 86%, ahli materi 90%) dan sangat praktis (respons
guru 96%, siswa 87%). Efektivitas terbukti signifikan; nilai pretest
pada uji terbatas naik dari 25% menjadi 100% posttest, dan pada uji
lapangan dari 62% menjadi 100% posttest. Uji-t menunjukkan
peningkatan signifikan (sig. 0,30 < 0,70) dengan rata-rata N-Gain
0,572, mengindikasikan peningkatan pemahaman yang tinggi.
Penelitian ini berhasil membuktikan kontribusi signifikan medi PEKA
terhadap pemahaman siswa tentang keberagaman dan dapat
meingkatkan minat belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0